HomeBookLakukan Apa yang Bisa Anda Lakukan

Lakukan Apa yang Bisa Anda Lakukan

Author

Date

Category

“Jangan biarkan apa-apa yang tidak dapat kita lakukan mengganggu apa-apa yang dapat kita lakukan.” – John Wooden

Sering kali kita ingin bisa menguasai semua bidang dengan baik agar dinilai hebat oleh orang lain. Terlalu memaksakan melakukan sesuatu yang tidak bisa kita lakukan dengan baik, sampai kadang-kadang kita terlalu fokus terhadapnya hingga melupakan sesuatu yang bisa kita lakukan dengan baik, itu semua hanya membuat kita tidak bisa menikmati dan menjalani hidup dengan tenang.

Kenyataannya, tidak ada yang bisa menguasai semua bidang dengan baik. Tuhan telah menciptakan manusia dengan segala kelebihan dan kekurangannya, tidak ada yang sempurna. Seseorang yang mahir dalam menulis belum tentu mahir di bidang bisnis. Seseorang yang mengerti bagaimana caranya membangun sebuah gedung, belum tentu mengerti bagaimana mengendalikan pesawat tempur.

Petunjuk selanjutnya untuk mendapatkan ketenangan batin adalah kita harus bisa memahami bahwa setiap orang memiliki keterbatasannya masing-masing. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui keterbatasan diri sendiri dan menyadari apa yang bisa kita lakukan dan apa yang tidak bisa dilakukan.

Seperti Gary Keller, penulis The One Thing, katakan, “Anda harus melupakan hal-hal yang tidak dapat Anda lakukan dan fokus pada hal-hal yang bisa Anda lakukan, yaitu hal-hal yang paling berarti.”

Charlie Munger menambahkan, “Masing-masing Anda harus menemukan talenta dan memanfaatkan kelebihan Anda. Sementara jika memaksakan diri untuk berhasil di bidang yang paling tidak Anda kuasai, Anda akan memiliki karier yang sangat buruk.”

Jadi, lupakanlah keinginan untuk bisa menguasai semua bidang yang sebenarnya tidak bisa Anda kuasai. Fokuslah pada bidang yang Anda kuasai, meskipun hanya satu. Kenalilah kelebihan Anda, juga kekurangan Anda. Ingatlah apa yang dikatakan oleh Rolf Dobelli, “Satu keterampilan yang luar biasa, mengalahkan ribuan keterampilan yang biasa-biasa saja.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Erry Sunarli Quotes

"Jika Tuhan mengambil sesuatu dari tanganmu, jangan berpikir Dia sedang menghukummu. Dia hanya mengosongkan tanganmu supaya kamu menerima yang lebih baik."

Recent posts

Recipe of Life

Menikmati Proses Kehidupan

Kekuatan Berdoa

Recent comments