HomeBookMenikmati Proses Kehidupan

Menikmati Proses Kehidupan

Author

Date

Category

“Hidup itu seperti mengendarai sepeda. Untuk menjaga keseimbangan, Anda harus terus bergerak.” – Albert Einstein

Hidup adalah tentang perjalanan yang panjang. Dalam menjalani kehidupan, tentunya kita akan merasakan banyak hal. Setiap jalan yang kita lalui tidak selalu mulus. Ada kalanya kita di atas, lalu kemudian ada di bawah. Ada kalanya kita merasa bahagia, lalu sebentar kemudian mendapatkan kesedihan.

Kita tidak pernah tahu, di depan sana, akan ada rintangan apa yang harus kita hadapi. Kita tidak tahu, kapan hidup akan membuat kita merasa terpuruk atau bersuka cita. Membuat kita merasa bahwa hidup ini hanyalah sebuah perjalanan yang melelahkan dan membosankan atau membahagiakan.

Ibaratnya saat akan mendaki gunung, tujuan kita adalah sampai di puncak. Kita tidak tahu rintangan apa yang harus dilalui, jalan yang mana yang harus ditempuh, dan kesulitan apa yang harus dihadapi. Jika kita berpikir bahwa kebahagiaan kita hanya akan ada jika sudah sampai di puncak, maka perjalanan pasti terasa panjang dan melelahkan. Akan tetapi jika berusaha untuk menikmati perjalanan yang kita tempuh sebelum sampai ke puncak, maka perjalanan yang panjang itu tidak akan terasa.

Sama seperti halnya saat kita menjalani kehidupan ini. Kebahagiaan, kesuksesan, rasa senang, rasa sakit, kecewa, kesedihan, kegagalan, mungkin pasti akan kita rasakan. Tetapi itu merupakan proses kehidupan. Bagian dari pelajaran hidup yang akan kita dapatkan.

Anda tidak sendirian. Saat ini ada sekitar 7.8 miliar penduduk di dunia dan 115.8 miliar lainnya yang pernah tinggal di muka bumi. Artinya ada lebih dari 108 miliar penduduk sudah meninggal. Dengan kata lain, satu dari empat belas orang sudah tidak bisa menikmati matahari lagi, tidak bisa bermain dengan teman-teman, bercengkrama bersama keluarga, dan dikelilingi orang- orang tercinta.

Anda adalah orang yang beruntung. Masih bisa menikmati matahari, mengisi, dan menjalani kehidupan. Jangan takut menghadapi hidup. Berani dan atasi setiap rintangan yang ada. Jangan berhenti, tetapi nikmatilah setiap prosesnya dan syukurilah apa pun hasilnya. Anda adalah bagian dari 7.8 miliar penduduk dunia dan semua mengalami hal yang sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Erry Sunarli Quotes

"Jika Tuhan mengambil sesuatu dari tanganmu, jangan berpikir Dia sedang menghukummu. Dia hanya mengosongkan tanganmu supaya kamu menerima yang lebih baik."

Recent posts

Recipe of Life

Menikmati Proses Kehidupan

Kekuatan Berdoa

Recent comments