HomeBookTemukan ‘Ikigai’ Anda

Temukan ‘Ikigai’ Anda

Author

Date

Category

“He who has a why to live for can hear with almost any how.” – Hector Garcia Puigcerver

Apakah Anda pernah mendengar suatu wilayah di dunia yang penduduknya hidup lebih panjang dibanding usia rata-rata penduduk dunia lainnya? Mereka hidup 2,5 kali lebih lama dibanding penduduk dunia lainnya. Daerah itu bernama Sardinia, sebuah pulau indah di Italia. Di desa itu sebagian besar warganya saling berkerabat dan mengenal. Hubungan antarmanusia berjalan damai dan kehidupan sehari-hari berlangsung dengan nyaman. Keluarga dan sanak saudara tinggal cukup dekat dan dapat berkumpul kapan pun diinginkan. Warga masyarakat yang penuh cinta dan membuat mereka hidup langgeng.

Demikian juga warga di Okinawa, Jepang. Rata-rata mereka hidup tujuh tahun lebih lama dibanding rata-rata orang Amerika. Di sana banyak orang yang berusia di atas seratus tahun.

Menurut hasil riset dari National Geographic ada beberapa alasan kenapa mereka berumur panjang. Mereka hanya makan sedikit dan berhenti jika 80% sudah kenyang. Mereka juga memiliki ikatan sosial yang kuat, saling peduli, dan menikmati kebersamaan di antara mereka.

Mereka juga memiliki pandangan yang berbeda dengan kebanyakan orang di wilayah lain. Di sana tidak ada istilah pensiun. Bahkan kata-kata pensiun tidak ada dalam kamus mereka. Mereka terus bekerja. Mereka tidak pernah menyerah. Mereka tidak pernah berhenti. Mereka tidak pernah pensiun.

Mer eka memiliki kata ikigai. Yang artinya adalah alasan untuk bangun di pagi hari. Mereka memiliki alasan yang membuat mereka tetap bersemangat ketika bangun di pagi hari.

Apa ikigai Anda? Apa yang membuat Anda bersemangat ketika bangun di pagi hari? Temukan itu. Jika Anda menemukannya, kemungkinan besar Anda bisa tetap sehat dan berumur panjang.

Previous articlePerkuat Iman Anda
Next articleGunakan Modus Pesawat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Erry Sunarli Quotes

"Jika Tuhan mengambil sesuatu dari tanganmu, jangan berpikir Dia sedang menghukummu. Dia hanya mengosongkan tanganmu supaya kamu menerima yang lebih baik."

Recent posts

Recipe of Life

Menikmati Proses Kehidupan

Kekuatan Berdoa

Recent comments