HomeBookGunakan Modus Pesawat

Gunakan Modus Pesawat

Author

Date

Category

“Telepon memberi kita banyak hal, tetapi dia juga merebut tiga elemen kunci penemuan: kesendirian, ketidakpastian, dan kebosanan.” – Lynda Barry

“Leonardo Da Vinci terbangun di pagi hari dan menyusun daftar hal-hal yang ingin dipelajarinya pada hari itu.”
“Aku terbangun dan mengecek berita di ponselku.”

Percakapan tersebut ditulis oleh Austin Kleon dalam bukunya yang berjudul Keep Going. Selain itu, Austin juga mengatakan, “Ketika kamu langsung menggapai ponselmu begitu terbangun di pagi hari, maka kamu akan segera mengundang kecemasan dan kekacauan ke dalam kehidupanmu.”

Memang tidak bisa dipungkiri, memeriksa ponsel saat bangun tidur sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Hal ini diperjelas oleh IDC Research yang di dalam penelitiannya menemukan bahwa sekitar 80% pengguna ponsel pintar memeriksa ponselnya sejak bangun di setiap pagi dalam waktu 15 menit dan itu bisa menjadi sebuah masalah besar.

Pagi hari adalah waktu terbaik untuk menikmati ketenangan batin sebelum Anda kembali disibukkan oleh pekerjaan seharian. Pikiran masih jernih, udara masih sejuk, tidak ada kebisingan di luar rumah, tidak ada gangguan tentang pekerjaan. Anda memiliki waktu sepenuhnya untuk melakukan apa pun yang Anda sukai, seperti berolahraga, jalan pagi, membaca, menulis, berendam, atau menghasilkan sebuah karya.

Jika hal pertama yang Anda lakukan adalah memeriksa ponsel yang Anda taruh di bawah bantal, maka Anda akan dihujani oleh pesan-pesan yang masuk, surel tentang pekerjaan, atau pemberitahuan di media sosial. Hal itu bisa membuat pikiran menjadi terganggu dan waktu yang Anda miliki terbuang sia-sia, akibatnya Anda memulai hari ini dengan perasaan cemas, teburu-buru, dan stres. Anda tidak bisa menikmati ketenangan dan kedamaian di pagi hari.

Ford Coppola, seorang sutradara Prancis, mengatakan bahwa dirinya senang bekerja di awal pagi karena belum ada seseorang yang terbangun untuk menghubunginya. “Cara termudah untuk melukai perasaanku adalah dengan menghidupkan ponsel di awal pagi. Bahkan meskipun tidak ada orang yang melukai perasaanku, waktuku akan menjadi habis dan pikiranku akan berantakan.”

Jika Anda setuju dengan apa yang dikatakan oleh Ford Coppola, cobalah lakukan ini: sebelum beranjak untuk tidur, aktifkan airplane mode atau modus pesawat dalam ponsel Anda.

Sehingga saat Anda terbangun dan tanpa sadar memandang ponsel Anda—saya harap tidak—, Anda tidak akan dihujani oleh pesan-pesan masuk yang akan mengganggu pikiran Anda. Mulailah mengawali hari di pagi hari dengan menciptakan ketenangan batin, agar diri Anda siap melakukan aktivitas dengan pikiran yang tenang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Erry Sunarli Quotes

"Jika Tuhan mengambil sesuatu dari tanganmu, jangan berpikir Dia sedang menghukummu. Dia hanya mengosongkan tanganmu supaya kamu menerima yang lebih baik."

Recent posts

Recipe of Life

Menikmati Proses Kehidupan

Kekuatan Berdoa

Recent comments